Kini, SDN 16 Anduring Punya Perawat Cilik

22 Maret 2019

 

Oleh: Mahasiswa Profesi Ners Peminatan Keperawatan Komunitas

Fakultas Keperawatan Unand 2019

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan kegiatan antara lintas program dan lintas sektor untuk membentuk perilaku kesehatan pada anak usia sekolah dalam rangka membentuk perilaku hidup sehat dan lingkungan disekitarnya untuk meningkatkan derajat kesehatan anak. UKS dijalankan di sekolah dengan siswa-siswi beserta masyarakat lingkungan sekolah sebagai sasaran utama. UKS merupakan wadah untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan siswa sejak dini. UKS merupakan perpaduan antara dua upaya dasar yakni upaya pendidikan sekolah dan upaya kesehatan sehingga diharapkan dapat dijadikan sebagai usaha untuk meningkatkan kesehatan anak usia sekolah pada setiap jalur, jenis, dan jenjang pendidikan 

Pemantauan kesehatan anak usia sekolah idealnya dilakukan oleh UKS dalam program perawatan kesehatan. Tetapi sampai saat ini peran dari UKS belum terlaksanan secara optimal salah satunya karena kurangnya tenaga kesehatan sekolah. Oleh karena itu diperlukan inovasi untuk mengoptimalkan peran UKS salah satunya dengan pembentukan perawat cilik. Perawat cilik adalah siswa-siswi yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungan sekolah. Tugas dan kewajiban perawat cilik anatara lain selalu bersikap dan berperilaku sehat, menggerakkan siswa lain untuk menjalankan usaha kesehatan diri sendiri, berusaha tercapainya kesehatan lingkungan yang baik di sekolah dan berperan aktif dalam peningkatan kesehatan di sekolah.

Mahasiswa Profesi Ners Unand Peminatan Keperawatan Komunitas telah melakukan pembentukan dan pelatihan perawat cilik di SDN 16 Anduring yang dilaksanakan dari tanggal 4 sampai 9 Februari 2019, dengan jumlah peserta 11 orang yang terdiri dari 3 orang kelas III, 4 orang kelas IV, dan 4 orang  kelas V. Perawat cilik yang dilatih diberikan pengetahuan tentang usaha kesehatan sekolah dan praktek P3K sederhana. Hasil akhir dari kegiatan tersebut diharapkan para perawat cilik tersebut menjadi role model bagi siswa lain di SDN 16 Anduring dalam berperilaku hidup bersih dan sehat serta menjadi aset dalam peningkatan peran UKS di sekolah khususnya SDN 16 Anduring.

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

  • Telepon : +62-751-779233
  • Fax        : +62-751-779233
 

Peta