Pekan Kesehatan Rakyat “PEKARYA” Sukses Menyita Animo Masyarakat untuk Mencari Informasi Kesehatan

24 Juni 2019

 

Oleh: Kelompok G 18

Penulis: Zesty Fitri Dyanda

            Setelah sholat subuh di halaman Masjid Baiturrahman pada hariJumat, 10 Mei 2019sudah tampak keramaian pakaian seragam putih hitam khas perawat komunitas yang sedang melakukan persiapan dekorasi tempat pelaksanaan Pesta Kesehatan Rakyat RW 01 Kelurahan Lubuk Lintah oleh mahasiswa profesi kelompok G’18 dan preklinik Keperawatan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Andalas. Pagi itu akan dilaksanakan imunisasi lansia, pemeriksaan kesehatan dan penyuluhanpada masalah kesehatan masing-masing tingkat usia. Pengurus masjid dan beberapa warga sekitar juga tampak membantu penegakan tenda dan pengaturan setting tempat masing-masing stand yang sudah direncanakan sebelumnya. Alat –alat pemeriksaan kesehatan, poster kesehatan, alat peraga dan media lainnya yang mendukung tercapainya targetmasing-masing tingkat usia masyakarat terlihat semakin menarik perhatian warga untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

            Sesuai pengumuman brosur yang sudah disebar, sosialiasi di media sosial, kerjasama dengan stake holder masyarakat dan himbauan dari pengurus masjid beberapa hari sebelum acara ini, tepat pukul 08.00 masyarakat Lubuk Lintah mulai berdatangan ke stand-stand yang sudah tersedia. Ada yang hanya sekedar ingin memeriksa tekanan atau gula darah, mengukur berat badan, bahkan ada yang membawa seluruh anggota keluarganya agar juga mengikuti seluruhpenyuluhan per tingkat usia. Untuk anak usia sekolah dilakukan penyuluhan gigi dan mulut menggunakan metode dongengdenganboneka tangan serta alat peraga gigi dan sikat gigi dan juga penyuluhan jajanan sehat dengan poster dan contoh peraga jajanan sehat dan tidak sehat, tingkat usia remaja dilakukan penyuluhan pencegahan HIV & AIDS serta SADARI (Periksa Payudara Sendiri) untuk remaja perempuan menggunakan video dan alat peraga, penyuluhan cucitangan pakai sabun sekaligus praktik cuci tangan 6 langkah untuk seluruh tingkat usia dan untuk tingkat lansia dilakukan penyuluhan pencegahan hipertensi dan diabetes mellitus, pemeriksaan kesehatan serta imunisasi lansia bekerja sama dengan perawat komunitas Puskesmas Ambacang.

            “Kapan acara ini dilakukan kembali? Kami ingin ada lagi yang seperti ini” beberapawarga yang datang di PEKARYA menunjukkan antusiasme mengikuti acara ini. Hal ini juga disebabkan jarangnya kegiatan terkait kesehatan yang diadakan di sekitar RW 01Kelurahan Lubuk Lintah. Terbukti dari sekali diadakannya acara ini  kurang lebih150 warga yang tercatat hadir pada PEKARYA ini, panas terik dan puasa ramadhan ternyata tidak menghalangi warga yang datang berbondong-bondong ke masjid terbesar di RW 01 Lubuk Lintah tersebut.

            Menjelang sholat Jum’at, stand PEKARYA ditutup meskipun beberapa warga menyarankan tetap dilanjutkan hingga setelah sholat Jum’at karena masih banyak warga yang belum sempat datang ke acara tersebut. Mahasiswa profesi dan preklinik Keperawatan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Andalas selaku penyelenggara acara memohon maaf untuk tetap pada target waktu disebabkan akan langsung dilanjutkan dengan  pembersihan tempat dan evaluasi setelah acara ini.

 

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

  • Telepon : +62-751-779233
  • Fax        : +62-751-779233
 

Peta