Forum Komunitas, Media Komunikasi Perencanaan Keperawatan Bersama Elemen Penting Masyarakat

03 Juli 2019

 

Oleh: Zesty Fitri Dyanda

Kelompok Komunitas G’18

Sabtu, 4 Mei 2019 kelompok G’18 Keperawatan Komunitas profesi Ners Universitas Andalas  mengadakan Musyawarah Masyarakat RW 01 Kelurahan Lubuk Lintah (MMK) yang dihadiri oleh pemuka masyarakat yaitu seluruh ketua RT di RW 01, perwakilan perawat komunitas dari Puskesmas Ambacang, kader kesehatan RW 01 dan perwakilan warga di kediaman ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Lubuk Lintah. Kegiatan ini bertujuan untuk memaparkan dan  mendiskusikan masalah kesehatan komunitas di wilayah RW 01 Lubuk Lintah.     

Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK) adalah pertemuan warga kelurahan untuk membahas hasil pengkajian masalah kesehatan di komunitas dan merencanakan penanggulangan  masalah  yang diperoleh dari winshield survey dan pengisian kuesioner di masing-masing rumah yang telah dilakukan mahasiswa profesi Ners. Dalam rangka mewujudkan kesehatan  masyarakat yang optimal maka dibutuhkan intervensi keperawatan komunitas, yaitu bidang keperawatan perpaduan ilmu keperawatan dan kesehatan masyarakat yang bertujuan untuk melibatkan peran serta masyarakat untuk meningkatkan kesejahteeraan dan kualitas kesehatan serta mengutamakan pelayanan promotif dan preventif secara berkesinambungan tanpa mengabaikan pelayanan kuratif dan rehabilitatif secara menyeluruh, melalui proses keperawatan untuk meningkatkan fungsi kehidupan manusia secara optimal sehingga mandiri dalam upaya kesehatan. Peningkatan peran serta masyarakat bertujuan meningkatkan dukungan masyarakat dalam berbagai upaya kesehatan serta mendorong kemandirian dalam memecahkan masalah kesehatan.

Kegiatan MMK di RW 01 Kelurahan Lubuk Lintah dimulai dengan perkenalan dan penjelasan sekilas kegiatan oleh ketua kelompok Keperawatan Komunitas G’18 sebagai bentuk dari komunikasi pendekatan dengan stake holder dan masyarakat agar membina hubungan saling percaya untuk kerjasama dalam proses keperawatan komunitas nantinya. Selanjutnya pembimbing akademik Keperawatan Komunitas Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, Ns. Mahathir, S.Kep, M.Kep, Sp.KepKom menjelaskan  tujuan adanya program  keperawatan komunitas dengan harapan tercapainya target upaya preventif dan promotif kesehatan komunitas melalui kerjasama antara perawat komunitas dan masyarakat sekaligus menyerahkan kelompok profesi secara resmi kepada perwakilan Lurah Lubuk Lintah, selanjutnya, Bapak Ujang, Ketua RT 01 RW 01 Kelurahan Lubuk Lintah selaku perwakilan dari kelurahan menyambut mahasiswa profesi keperawatan komunitas dengan hangat, ia berharap mahasiwa juga dapat memperoleh ilmu dari masyarakat disamping juga menerapkan ilmu keperawatan komunitas untuk kesehatan masyarakat RW 01 Kelurahan Lubuk Lintah.

Setelah dilanjutkan dengan presentasi hasil pengkajian, pada sesi diskusi dan musyawarah waktu pelaksanaan program disepakati bahwa program keperawatan komunitas  yang direncanakan dengan sasaran masalah kesehatan masing-masing tingkat usia  dilaksanakan di satu event besar dalam 1 hari, sedangkan gotong royong dengan target kesehatan lingkungan rumah warga dilaksanakan pada Minggu, 5 Mei 2019, jadwal ini disusun dan disetujui bersama pembimbing akademik dan perwakilan dari perawat komunitas dari Puskesmas Ambacang. Akhirnya kegiatan ditutup dengan makan bersama dan foto bersama serta bersilaturrahim dengan masyarakat karena bertepatan dengan hari terakhir menjelang bulan ramadhan.

 

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

  • Telepon : +62-751-779233
  • Fax        : +62-751-779233
 

Peta