Perawat Luka Esensial Dibutuhkan Saat Pasca Bencana; Sebuah Pengalaman Lapangan

06 Juli 2019

Oleh Mahathir

Bencana meninggalkan masyarakat terdampak berbagai kerusakan dan penderitaan. Berbagai jenis bantuan baik Nasional maupun International sebagai respon cepat tanggap terhadap kejadian bencana sesegera mungkin berdatangan ke lokasi terdampak. Pemenuhan kebutuhan korban bencana merupakan fokus utama pemberi bantuan guna merekonstruksi dampak besar yang terjadi. Pemenuhan pangan dan kebutuhan dasar, penanganan kesehatan serta logistic lain harus secepat mungkin tersedia guna menurunkan dampak negative lebih besar dari sebuah bencana.

Berbagai organisasi turun dengan berbagai jenis bantuan untuk memenuhi kebutuhan segala aspek yang telah dimusnahkan oleh bencana. Namun, menjadi menarik tenaga kesehatan yang kompeten terhadap salah satu aspek penting yang terjadi saat bencana yaitu penanganan luka hampir luput dari perhatian pendonor bantuan bencana. Luka merupakan kasus katastropis kedua terbesar setelah kematian ketika terjadi bencana. Penangan serius dan komprehensif yang harus bisa disediakan selama penanganan bencana. Tidak tepatnya layanan perawatan untuk kasus luka akan menambah masalah baru dan dampak negatif yang kompleks bagi para korban bencana di kemudian hari. Sehingga aspek ini harus dilihat sedemikian rupa bagi sukarelawan bencana. Jenis luka yang muncul pasca bencana datang dalam bentuk kasus yang rumit dan kadang tidak terduga sehingga keahlian spesifik terhadap kasus ini harus ditilik dengan cara yang lebih matang dan serius.

Fakultas Keperawatan Universitas Andalas menurunkan perawat dengan keahlian perawatan luka untuk dapat berkontribusi di lokasi bencana. Ns. Elvi Oktarina M.Kep., Sp.Kep.MB diturunkan ke beberapa titil lokasi bencana besar yang ada di Indonesia seperti Palu dan Banten untuk mengabdikan dirinya pada korban luka pasca bencana. Keahlian beliau sangat dibutuhkan di lapangan karena membutuhkan jsutifikasi dan pengalaman beliau dalam menangani luka dengan kondisi berat dan kompleks. Justifikasi perawat dibutuhkan untuk mampu menilai dan menindaklanjuti jenis perawatan yang tepat untuk perbaikan kondisi korban bencana. Didampingi suksesor Ns. Devia Putri Lenggogeni kolaborasi yang mereka lakukan dalam pengananan luka mampu membuktikan kontribusi nyata dan esensial pada saat bencana.

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

  • Telepon : +62-751-779233
  • Fax        : +62-751-779233
 

Peta