Sejarah Fakultas Keperawatan

 
Pendidikan keperawatan di Universitas Andalas pada awalnya di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (PSIK - FK Unand) yang menawarkan Sarjana Keperawatan diikuti dengan Pendidikan Profesi Ners dengan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Keputusan No: 206/Dikti/Kep/1999, yang diperpanjang Keputusan no:. 65/DIKTI/KEP/2007 .. kelompok pertama mahasiswa terdaftar pada tahun 1999 Program Studi S1 Keperawatan yang terakreditasi B oleh keputusan Badan Akreditasi Universitas Nasional no 002/BAN-PT/AK-XIII/S1/IV / 2010, April 30, 2010 

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Keputusan Nomor 25 Tahun 2012 tentang struktur organisasi dan tata kelola Universitas Andalas, PSIK FK UNAND dikonversi menjadi Fakultas Keperawatan pada tanggal 3 Agustus 2012. Fakultas  Keperawatan menyediakan pendidikan tinggi di keperawatan dan untuk menghasilkan tenaga keperawatan sesuai dengan kebutuhan nasional dan muka baru pada ilmu keperawatan, serta menjadi pusat pendidikan keperawatan Barat Indonesia. 

Program yang ditawarkan 

1. Program Sarjana Keperawatan
Program akademik untuk sarjana gelar keperawatan (S.Kep). Beban studi besar adalah 148 SKS yang diambil selama 4 tahun (8 semester). Metode pembelajaran menggunakan Learning Center Student.
 
2. Program Profesi Ners 
Program Profesional untuk mendapatkan gelar perawat (Ns), harus diambil setelah lulus Program Studi S1 Keperawatan (S.Kep). Beban studi 36 SKS yang diambil selama tahun pertama, dalam bentuk praktek yang komprehensif dan profesional di rumah sakit dan masyarakat.
 
3. Program Magister Keperawatan
Program Pascasarjana untuk Magister Keperawatan (M.Kep). Beban studi besar adalah 42 SKS yang diambil selama 2 tahun (4 semester). Metode pembelajaran menggunakan Learning Center Student.


Fasilitas 
Fakultas Ilmu Keperawatan memiliki beberapa fasilitas didukung untuk mahasiswa. Di antaranya adalah: 
- Gedung Kuliah Bersama 
- Labor Dasar & Keperawatan 
- Perpustakaan Pusat dan Ruang Baca dilengkapi e-book & e-journal 
- Zona Wi-FI  Free
- Ruang pertemuan 

Kerja Sama Institusi
1. Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Indonesia, Jakarta 
2. Sekolah Ilmu Kesehatan Harapan Ibu Batam 
3. RSUP Dr M. Djamil, Padang 
4. Rumah Sakit Jiwa Dr H.B.Saanin, Padang
5. RSUD Dr. Rasidin Padang
6. Rumah Sakit Dr. Ahmad Muchtar Umum, Bukittinggi 
7. Rumah Sakit Stroke Nasional, Bukittinggi 
8. RS Dr M Zein Umum, Painan 
9. Rumah Sakit Umum Padang Panjang, Padang Panjang 
10. Rumah Sakit Umum Semen Padang, Padang 
11. Dinas Kesehatan Padang 
12. Puskesmas Pauh, puskesmas Ambacang, pusat kesehatan masyarakat Padang Pasir
13. PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin dan Yos Sudarso 

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

Peta