Layanan Kesehatan

Layanan Kesehatan

APA YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG LAYANAN KESEHATAN

Pengertian

Tujuan

Bentuk/ jenis layanan

Alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan

Kontak yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan

 

 Apa yang dimaksud layanan kesehatan?

Layanan kesehatan adalah layanan yang disediakan bagi mahasiswa terkait kesehatan, baik yang bersifat preventif (pencegahan penyakit), promotif (meningkatkan kesehatan), kuratif (pengobatan penyakit) dan reabilitatif (pemulihan).

Apa tujuan layanan kesehatan?

Layanan ini bertujuan untuk:

  • Meningkatkan status kesehatan mahasiswa agar dapat belajar dengan baik selama proses pembelajaran
  • Mendeteksi dan megatasi masalah kesehatan mahasiswa sedini mungkin sehingga tidak mengganggu proses pembelajaran

Jenis layanan apa saja yang ada di Fkep Unand?

Sarana pelayanan kesehatan yang tersedia di lingkungan kampus Fakultas Keperawatan dan  universitas Andalas diantaranya meliputi:

Unit PelayananTerpadu /UPT Kesehatan

  • Pihak Universitas Andalas telah menyediakan sarana pelayanan kesehatan dasar di lingkungan kampus melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT Kesehatan). Bentuk pelayanan kesehatan ini diselenggarakan oleh pihak Universitas dalam bentuk pemeriksaan kesehatan pada saat awal penerimaan mahasiswa baru, serta penyediaan pelayanan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa selama yang bersangkutan tercatat resmi sebagai mahasiswa.
  • Mahasiswa juga mendapatkan asuransi kesehatan dari provider asuransi yang telah ditunjuk oleh Universitas Andalas, khususnya pada saat pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata di daerah-daerah.
  • Skrining kesehatan adalah bentuk pelayanan kesehatan yang dilakukan baik pada jenjang akademik maupun profesi. Skrining ini khususnya untuk mendeteksi penyakit infeksi sedini mungkin. Melalui pelaksanaan skrining ini, jika ada masalah kesehatan yang kamu alami dapat diketahui dan diintervensi lebih dini sehingga kondisi kesehatan yang lebih parah dapat dicegah.
  • Sebelum kamu menjalani program profesi Ners, kamu juga dapat difasilitasi melakukan screening dan vaksinasi hepatitis B.
  • Penyediaan layanan P3K yang dilakukan oleh Prodi Fakultas Keperawatan berkoordinasi dengan SN (suara nightngale).

Layanan P3K dilakukan oleh Prodi Fakultas Keperawatan berkoordinasi dengan SN (suara nightngale). dimana didalamnya ada dosen penanggung jawab dan mahasiswa yang sudah dilatih P3K). Dalam hal ini, disediakan ruangan P3K  yang bisa kamu dan staf di dilingkungan Fakultas Keperawatan Unand gunakan.

Bagaimana alur dan prosedur untuk mendapatkan layanan kesehatan di Fakultas Keperawatan Unand?

Jika kamu merasa memerlukan layanan kesehatan seperti yang dijelaskan diatas, maka kamu dapat mendatangi langsung setiap fasilitas yang ada.

Siapa yang dapat dihubungi untuk mendapatkan layanan kesehatan di Fakultas Keperawatan Unand:

Koordinator Tim Kesehatan Fakultas Keperawatan

Dr.dr. Susmiati, M. Biomed

  1. 0812 1825 4688

 

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

  • Telepon : +62-751-779233
  • Fax        : +62-751-779233

Peta