PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM ALIH JENJANG - INTAKE D3 KEPERAWATAN
DENGAN REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL)
Tahun Ajaran 2021/2022
Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan kompetensi hasil belajar dari pembelajaran nonformal, informal, dan pengalaman kerja ke capaian hasil belajar pembelajaran formal, yaitu berupa pembebasan sejumlah mata kuliah atau perolehan sks untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi (mahasiswa yang diterima hanya diwajibkan mengikuti beberapa mata kuliah yang tidak memperoleh pengakuan).
Program Bantuan
Program bantuan ini mengajak calon mahasiswa untuk mendaftar di Perguruan Tinggi (Universitas, Institut, atau Sekolah Tinggi) pada program Sarjana dan Magister (non-vokasi). Bagi mahasiswa yang mendaftar dan diterima, akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester.
Informasi selengkapnya https://pppk-rpl.kemdikbud.go.id/
Tahapan RPL
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi S1 Keperawatan
- Bertakwa kepada Tuhan YME, menunjukkan sikap professional, prinsip etik, perspektif hukum dan budaya dalam keperawatan (S1)
- Mampu menguasai keterampilan umum terutama sebagai community leader pada bidang keilmuan dari keperawatan bencana (KU1)
- Mampu memahami ilmu keperawatan untuk melakukan asuhan keperawatan berdasarkan pendekatan proses keperawatan (P1)
- Mampu memberikan asuhan keperawatan secara professional pada tatanan laboratorium dan lapangan (klinik dan komunitas) untuk meningkatkan kualitas asuhan keperawatan dan keselamatan klien (KK1)
- Mampu melaksanakan edukasi dengan keterampilan komunikasi dalam asuhan keperawatan dan informasi ilmiah (KK2)
- Mampu membangun kapasitas kepemimpinan dan manajemen (KK3)
- Mampu melakukan penelitian ilmiah di bidang ilmu dan teknologi keperawatan untuk memecahkan masalah kesehatan (KK4)
- Mampu menghasilkan, mengkomunikasikan, dan melakukan inovasi pada bidang ilmu dan teknologi keperawatan (KK5), dan
- Mampu meningkatkan keahlian professional di bidang keperawatan melalui pembelajaran seumur hidup (KU2)
STRUKTUR KURIKULUM Tahun 2021
SEMESTER 1 | Beban | |||||
No | KODE | Mata Kuliah | sks | T | P | PL |
1 | MWU60104 | Bahasa Indonesia | 2 | 2 | ||
2 | MWU60101 | Agama | 2 | 2 | ||
3 | KEP61101 | Ilmu Biomedik Dasar | 4 | 3 | 1 | |
4 | KEP61102 | Keterampilan Dasar Keperawatan | 3 | 1 | 2 | |
5 | KEP61103 | Konsep Dasar Keperawatan | 3 | 3 | ||
6 | KEP61104 | Falsafah dan Teori Keperawatan | 3 | 3 | ||
7 | KEP61105 | Bahasa Inggris untuk perawat (General English for Nursing) | 2 | 1 | 1 | |
TOTAL sks | 19 | 15 | 4 |
SEMESTER 2 | Beban | |||||
No | KODE | Mata Kuliah | sks | T | P | PL |
1 | MWU60102 | Pancasila | 2 | 2 | ||
2 | KEP62101 | Ilmu Dasar Keperawatan | 3 | 2 | 1 | |
3 | KEP62102 | Farmakologi Keperawatan | 3 | 2 | 1 | |
4 | KEP62103 | Komunikasi Dasar Keperawatan | 2 | 1 | 1 | |
5 | KEP62104 | Pemenuhan Kebutuhan Dasar Manusia | 4 | 3 | 1 | |
6 | KEP62105 | Proses Keperawatan dan Berfikir Kritis | 3 | 3 | ||
7 | KEP62106 | Pendidikan dan Promosi Kesehatan | 3 | 2 | 1 | |
8 | KEP62107 | Bahasa Inggris Untuk Perawat di Tatanan Khusus (English for Nursing in Specific setting) | 2 | 1 | 1 | |
TOTAL sks | 22 | 16 | 6 |
SEMESTER 3 | Beban | |||||
No | KODE | Mata Kuliah | sks | T | P | PL |
1 | MWU60103 | Kewarganegaraan | 2 | 2 | ||
2 | KEP61106 | Psikososial Budaya dalam Keperawatan | 3 | 3 | ||
3 | KEP61107 | Komunikasi Terapeutik Keperawatan | 3 | 2 | 1 | |
4 | KEP61108 | Keperawatan Dewasa Sistem Kardiovaskuler, Respiratori dan Hematologi | 4 | 3 | 1 | |
5 | KEP61109 | Konsep Keperawatan Maternitas | 2 | 2 | ||
6 | KEP61110 | Konsep Keperawatan Anak | 2 | 2 | ||
7 | KEP61111 | Keperawatan Kesehatan Jiwa dan Psikososial | 3 | 2 | 1 | |
8 | KEP61112 | Bahasa Inggris Akademik (Academic English) | 2 | 1 | 1 | |
TOTAL sks | 21 | 17 | 4 |
SEMESTER 4 | Beban | |||||
No | KODE | Mata Kuliah | sks | T | P | PL |
1 | KEP62108 | Keperawatan Dewasa Sistem Endokrin, Pencernaan, Perkemihan dan Imunologi | 4 | 3 | 1 | |
2 | KEP62109 | Keperawatan Perinatal | 3 | 2 | 1 | |
3 | KEP62110 | Keperawatan Anak Sehat dan Sakit Akut | 3 | 2 | 1 | |
4 | KEP62111 | Keperawatan Psikiatri | 4 | 2 | 1 | 1 |
5 | KEP62112 | Konsep Keperawatan Komunitas | 2 | 2 | ||
6 | KEP62113 | Keperawatan Keluarga | 4 | 2 | 1 | 1 |
TOTAL sks | 20 | 13 | 5 | 2 |
SEMESTER 5 | Beban | |||||
No | KODE | Mata Kuliah | sks | T | P | PL |
1 | KEP61113 | Keperawatan Dewasa Sistem Muskuloskeletal, Integumen, Persepsi Sensori dan Persarafan | 4 | 2 | 1 | 1 |
2 | KEP61114 | Keperawatan Kesehatan Reproduksi | 3 | 1 | 1 | 1 |
3 | KEP61115 | Keperawatan Anak Sakit Kronik dan Terminal | 3 | 2 | 1 | |
4 | KEP61116 | Keperawatan Gawat Darurat | 4 | 3 | 1 | |
5 | KEP61117 | Keperawatan Agregat Komunitas | 3 | 1 | 1 | 1 |
6 | KEP61118 | Metodologi Penelitian | 4 | 2 | 2 | |
TOTAL sks | 21 | 11 | 6 | 4 |
SEMESTER 6 | Beban | |||||
No | KODE | Mata Kuliah | sks | T | P | PL |
1 | KEP62114 | Keperawatan Kritis | 3 | 2 | 1 | |
2 | KEP62115 | Keperawatan Gerontik | 4 | 2 | 1 | 1 |
3 | KEP62116 | Keperawatan Bencana | 4 | 2 | 1 | 1 |
4 | KEP62117 | Manajemen Keperawatan | 4 | 2 | 1 | 1 |
5 | KEP62118 | Biostatistik | 2 | 1 | 1 | |
6 | AND60102 | Kewirausahaan | 3 | 2 | 1 | |
TOTAL sks | 20 | 11 | 6 | 3 |
SEMESTER 7 | Beban | |||||
No | KODE | Mata Kuliah | sks | T | P | PL |
1 | KEP61201 | Praktek Klinik Keperawatan Dewasa | 3 | 3 | ||
2 | KEP61202 | Kep Menjelang Ajal dan Paliatif | 3 | 2 | 1 | |
3 | KEP61203 | Sistem Informasi Keperawatan | 2 | 1 | 1 | |
4 | KEP61204 | Keselamatan Pasien dan Keselamatan Kesehatan Kerja | 2 | 2 | ||
5 | KEP61205 | Pelayanan Prima dalam Keperawatan (Service Excellent in Nursing) | 2 | 2 | ||
6 | KEP61206 | Bahasa Jepang | 2 | 1 | 1 | |
7 | AND60101 | Kuliah Kerja Nyata | 4 | 4 | ||
8 | KEP61119 | Skripsi | 4 | 4 | ||
TOTAL sks | 22 | 11 | 5 | 7 |
Metode Asesmen
Mekanisme RPL dari pendidikan formal:
- Dilakukan sama dengan proses alih kredit (credit transfer) Unand.
- Tim RPL menunjuk asesor RPL untuk melakukan penilaian terhadap transkrip akademik.
- Asesor RPL melakukan evaluasi terhadap transkrip dari pendidikan Diploma III. Selain itu, evaluasi juga dilakukan melalui tes tertulis (Computer Based Test) untuk menilai kedalaman dan keluasan substansi mata kuliah yang pernah diambil.
- Asesor RPL mengirimkan keputusan hasil evaluasi alih kredit, lengkap dengan daftar mata kuliah dan jumlah kredit yang diperoleh pemohon kepada Tim RPL sebagai dasar penerbitan surat keputusan alih kredit yang dikeluarkan oleh Dekan.
Metode asesmen RPL dari pengalaman kerja
Asesmen RPL dari pengalaman kerja ditujukan untuk mengumpulkan bukti dan membuat penilaian apakah seseorang telah mencapai sebagian atau seluruh capaian pembelajaran, dimana pemohon tidak memiliki transkrip untuk capaian pembelajaran tersebut di pendidikan formal sebelumnya. Bukti-bukti kompetensi pemohon didapatkan dari dokumen yang diajukan pemohon. Bila diperlukan, dapat ditambah dengan:
- Observasi langsung
- Ujian lisan
- Peragaan keterampilan
- Pernyataan tertulis dari pemohon
- Laporan tertulis dari supervisor atau atasan langsung pemohon
- Karya monumental
Metode asesmen yang dilakukan tergantung pada bukti yang dikumpulkan dan kriteria capaian pembelajaran yang akan diakses. Untuk mengevaluasi asesmen mandiri pemohon, Tim RPL Program Studi dapat memperkirakan mata kulliah apa saja yang berhubungan dengan butir-butir capaian pembelajaran yang dinilai mampu dan sangat mampu oleh pemohon, dengan menggunakan matriks keterkaitan antara mata kuliah dan capaian pembelajaran lulusan.
Persyaratan
Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia
- Berbadan sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan berbadan sehat dari dokter, puskesmas atau rumah sakit dan tidak berkebutuhan khusus, tidak pernah mengalami gangguan kejiwaan yang bisa menggangu penyelesaian studi
- Memiliki surat keterangan bebas NAPZA
Persyaratan Khusus
- Lulusan Prodi D3 Keperawatan dengan akreditasi A atau B
- Memiliki IPK minimal 2,75
- Mendapatkan izin dari atasan, bagi yang sudah bekerja
Tahapan Seleksi:
Pendaftaran di http://pendaftaran.pmb.unand.ac.id/ : 1-16 Juli 2021
Pelaksanaan Ujian Tulis: 21 Juli 2021
Materi ujian tulis: Ilmu Biomedik, Keperawatan Dasar, Keperawatan lanjut (KMB, Kep Maternitas, Kep Anak, Kep Keluarga, Kep Gerontik, Kep Komunitas, KGD, Kep Jiwa), Manajemen Keperawatan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Pelaksanaan Rekognisi Pembelajaran Lampau: 19-25 Juli 2021
Pengumuman Hasil Seleksi: 26 Juli 2021
Pembayaran UKT: 27-30 Juli 2021
Dokumen yang di upload
Borang pendaftaran
Kartu Peserta
- Ijazah dan transkrip akademik D3 Keperawatan
- Fotokopi Sertifikat Akreditasi Prodi
- Surat izin dari atasan, bagi yang sudah bekerja
- Formulir Pendaftaran RPL dan Riwayat Hidup Pemohon yang sudah diisi dan dokumen pendukung
- Formulir Asesmen Mandiri yang telah diisi oleh pemohon
- Surat Perjanjian jaminan biaya.
Pembiayaan:
- Uang pendaftaran dan seleksi: Rp 500.000,-
- Uang Kuliah Tunggal (UKT)/SPP: Rp 6.500.000,-
- Uang Pengembangan Institusi: Rp 10.000.000,- (dibayarkan pada saat lulus seleksi)
- Biaya diatas belum termasuk biaya tes kesehatan, Bakti, praktek lapangan, wisuda, angkat sumpah, dll
Kegiatan mahasiswa baru:
- Pelatihan Karakter Andalasian, Gladi resik penerimaan mahasiswa baru, Peresmian penerimaan mahasiswa baru, dan TOEFL : 2-25 Agustus 2021
- Masa perkuliahan semester ganjil 2021/2022: 30 Agustus 2021-22 Januari 2022
Nara Hubung:
Rolly: 085264475514
Ria: 085157442788
Link Terkait dan Unduh formulir:
1. Informasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Intake D3
2. Informasi Berita Penerimaan Mahasiswa Baru Intake D3
3. Website Pendaftaran Resmi Pendaftaran Intake D3
4. Form Pendaftaran RPL dan Riwayat Hidup Pemohon
5. Formulir Asesmen Mandiri
Seluruh dokumen diserahkan melalui email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.d
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.">