Kuliah Daring, Unand Gandeng Telkomsel

03 May 2020

Sumber : https://unand.ac.id/id/berita-peristiwa/berita/item/3563-kuliah-daring-unand-telkomsel.html

 

Padang (Unand) – Universitas Andalas semenjak Maret lalu sudah mulai mengganti perkuliahan tatap muka dengan kuliah Dalam Jaringan (Daring) sebagai upaya untuk mengantisipasinya penyebaran Corona Virus 19 (Covid 19).

Menyikapi hal tersebut, Universitas Andalas terus melakukan terobosan untuk memperlancar kegiatan perkuliahan diantaranya dengan mengandeng Telkomsel sebagai Provider Partner.

Wakil Rektor III Universitas Andalas Ir. Insannul Kamil, Ph. D mengatakan ada dua hal yang dilakukan di Universitas Andalas dalam menindaklanjuti fasilitas gratis 30 GB bagi universitas yang memiliki fasilitas ilearn termasuk Universitas Andalas.

“Hal Ini ditindaklanjuti karena Universitas Andalas memiliki agenda akademik untuk pelaksanaan kuliah dibulan Mei dan diakhir bulan Juni hingga awal Juli dengan pelaksanaan ujian,” tambahnya pada Kamis (30/4) diruang Rapat Senat yang juga didampingi oleh Wakil Rektor I dan Ketua LPTIK Universitas Andalas. 

Selain itu, dikatakannya Universitas Andalas juga memberikan bantuan sebesar Rp 50.000,- kepada mahasiswa untuk membeli pulsa yang dapat digunakan sebagai kuota internet.

“Bantuan ini hanya untuk mahasiswa dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) level 1-2 dan mahasiswa Bidikmisi,” jelasnya. 

Diluar dari itu, ia mengatakan Universitas Andalas juga memfasilitasi seluruh mahasiswanya dengan Akses ke Aplikasi Video Conference secara gratis melalui platform aplikasi CloudX yang dimiliki Telkomsel.

Sementara itu, M. Ihsan Aulia  Account Manager Telkomsel Cabang Padang mengatakan dalam menindaklanjuti kerjasama yang pertama yaitu mengenai akses e-learning dengan menggunakan paket data ilmupedia secara gratis oleh mahasiswa.

“Seiring dengan itu, ternyata kebutuhan semakin banyak dan meningkat, maka diambillah alternatif yakni Platform Aplikasi Video Conference CloudX, dimana platform ini juga digunakan oleh Presiden RI beserta jajaran kabinet sebagai Platform Aplikasi Video Conference," ujarnya.

Dikatakannya pada dasarnya platform aplikasi video conferense ini sama seperti lainnya yang membedakannya adalah dari segi security dan juga paket data.

“Selain itu, CloudX belum diterapkan untuk masyarakat luas, hanya memang untuk korporate yang sudah melakukan kerjasama,” ujarnya.

Penggunaan 1 room CloudX bisa digunakan maksimal 100 user. Ia berharap Universitas Andalas tidak terpengaruh lagi dengan situasi pandemi ini, karena secara kuota sudah disiapkan dan juga secara platform juga sudah disiapkan yang bisa diakses oleh 100 user serta penggunaannya sangat mudah.

“Akses masuk ke CloudX melalui link yang akan didistribusikan segera ke mahasiswa dan dosen dimana nantinya aplikasi ini dapat digunakan melalui perangkat komputer/laptop dan smartphone,” terangnya.

Mahasiswa dan Dosen diberikan kuota 30GB untuk akses penggunaan aplikasi CloudX untuk masa pemakaian aplikasi selama 1 bulan dengan syarat pembelian menggunakan pulsa Rp.10 melalui aplikasi MyTelkomsel.(*)

Humas dan Protokol Unand 

 

whos online

We have 45 guests and no members online

Sekretariat Fakultas Keperawatan UNAND

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

  • Telepon      : +62-751-779233
  • Fax             : +62-751-779233

Peta