FAKULTAS KEPERAWATAN MELALUI TIM BENCANA MENGADAKAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT MEMERANGI COVID-19

05 May 2020

 

WhatsApp Image 2020 05 04 at 21.34.01

Sumatera Barat, khususnya daerah Kota Padang telah mengalami peningkatan jumlah penderita Covid-19 dengan cukup signifikan. Menyikapi hal tersebut maka, Senin, 4/05/2020, Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, melalui Tim Bencana Fakultas Keperawatan, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengahadapi pandemic Virus Corona.

Pengabdian ini dilaksanakan melalui rangkaian kegiatan, yang diawali dengan pembagian sembako kepada Civitas Akademika Fakultas Keperawatan bertempat di Fakultas Keperawatan yang dibuka langsung oleh Dekan. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat bermanfaat dan membantu civitas akademika. Pada hari yang sama, Dekan juga secara resmi meluncurkan website bencana Fakultas Keperawatan yang akan mengelola seluruh kegiatan terkait bencana Fakultas, menjadi pusat informasi, dan membuka hotline siap siaga bencana Fakultas.

Tim Bencana Fakultas Keperawatan juga melakukan kegiatan pengabdian terpusat masyarakat di Kelurahan Limau Manis Kota Padang. TKegiatan diwali dengan pembagian sembako kepada warga masyarakat yang membutuhkan, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi terkait Covid-19, berupa pencegahan-pencegahan yang harus dilakukan dan hal-hal yang harus dihindari. Sosialisasi dilaksanakan secara terkoordinasi dengan Lurah Limau Manis, Kepolisian (Polsek), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta Komando Rayon Militer (Koramil) 05/Kuranji Pauh, dengan menggunakan kendaraan berkeliling ke seluruh kelurahan Limau Manis. Diharapkan sosialisasi ini dapat benar-benar memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi dan mencegah mata rantai virus Covid-19. Tim juga memberikan perhatian khusus untuk tempat-tempat keramaian seperti musholla dan pasar kelurahan dengan melakukanpemberitahuan langsung, penempelan poster dan pembagian masker.

Tim Bencana Fakultas Keperawatan juga direncanakan akan melakukan pembagian APD dan vitamin di Puskesmas Pauh dan juga RS Universitas Andalas untuk masyarakat terjangkit ataupun resiko yang membutuhkan. Untuk waktu pelaksanaan masih menunggu konfirmasi dan koordinasi dengan tim puskesmas dan Rumah Sakit.

Hingga hari ini, Fakultas Keperawatan juga telah melakukan penggalangan dana untuk diserahkan kepada civitas akademika baik dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa yang membutuhkan. Di lingkungan Universitas tim bencana akan melakukan penginformasian mengenai disinfektan yang tepat bagi CS Universitas yang diharapkan dapat menjadi panduan dalam melakukan kegiatan kebersihan di lingkungan Universitas.

Diharapkan, melalui rangkaian kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini tim bencana Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dapat memberikan aksi yang membantu masyarakat secara langsunng dan membantu pemerintah dalam menghadapi Covid-19

whos online

We have 47 guests and no members online

Sekretariat Fakultas Keperawatan UNAND

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

  • Telepon      : +62-751-779233
  • Fax             : +62-751-779233

Peta