""

Perawat Go Internasional, FKep Unand Membuat Kerjasama dengan BP2MI

05 July 2022

Perawat menjadi salah satu profesi yang banyak diminati oleh negara lain. Berbagai kerjasama yang dilakukan pemerintah dengan pemerintah luar negeri merupakan salah satu upaya dalam memaksimalkan penyerapan sumber daya manusia di bidang tenaga kesehatan (Kemenkes, 2022).

Setiap tahunnya Fakultas Keperawatan Unand meluluskan ratusan mahasiswa keperawatan yang siap terjun menjadi perawat profesional. Mendapati kondisi ini, Fakultas Keperawatan melihat adanya peluang untuk meningkatkan penyerapan tenaga perawat pada skala internasional yang lebih luas. Fakultas Keperawatan Unand membuat kerjasama dengan BP2MI (Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia) dalam mempersiapkan lulusan mahasiwa FKep Unand untuk bisa bekerja di luar negeri.

 11

Hema Malini selaku Dekan Fkep menyambut baik adanya kerjasama ini. Beliau mengatakan dengan adanya kerjasama ini, dapat memetakan peminatan mahasiswa serta meningkatkan kompetensi lulusan sehingga nantinya dapat bekerja dan berkiprah dalam meningkatkan citra perawat Indonesia di luar negeri. Kerjasama ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi perjanjian kerjasama yang dilaksanakan di Ruang Rapat Fkep, dihadiri oleh Hema Malini selaku Dekan Fkep, Esi Afriyanti wakil dekan 2, dihadiri juga oleh Ketua Prodi Profesi Ners Lili Fajria, Ketua Prodi  S2 Rika Sabri, Ketua Prodi S1 Yelly Herien, dan Dosen di Bidang Kerjasama Devia Putri Lenggogeni serta menghadirkan 3 perwakilan dari BP2MI.

 12

Berdasarkan hasil sosialisasi kerjasama, pihak BP2MI akan melakukan pembinaan kepada mahasiswa baru Fkep dalam bentuk sosialisasi atau pengenalan peluang bekerja di luar negeri bagi mahasiswa Fkep yang berminat. Hal ini bertujuan agar mahasiwa Fkep dapat mempersiapkan diri lebih awal dengan lebih baik, serta tidak terkesan mendapatkan informasi secara tiba-tiba.

Pihak PB2MI juga menyebutkan nantinya bagi lulusan yang berminat akan diberikan pelatihan bahasa sesuai tujuan negara yang diminati. Berita baiknya pelatihan bahasa ini akan diberikan beberapa bulan sebelum proses seleksi dilaksanakan dan pelatihan ini tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Pihak BP2MI mengatakan Jepang dan Jerman merupakan 2 negara yang saat ini membuka peluang perawat indonesia bisa go Internasional

whos online

We have 16 guests and no members online

Sekretariat Fakultas Keperawatan UNAND

Lantai 1, Gedung Fakultas Keperawatan Universitas Andalas 

  • Telepon      : +62-751-779233
  • Fax             : +62-751-779233

Peta